GATHOTKACA 2008 feat CUKS

Baiklah saya akan berbicara sedikit tentang 2008. Tahun itu saya merasa itu adalah sebuah titik tolak untuk sebuah perubahan besar. Kalau boleh bicara 2008 adalah arti tentang sebuah Komitmen dan Konsistensi.
Saat itu teman-teman filmaker di Surabaya tengah bersemangat untuk membuat project bersama. Bahkan komunitas komik, fotografi dan beberapa band indie turut mensupport project ini. Sebuah film yang berjudul "SURABAYA ROMANTASTE" dan kami berkumpul di bawah sebuah wadah "CINTA UNTUK KOTA SURABAYA" CUKS.
Konsep projek SURABAYA ROMANTASTE adalah Omnibus. Project ini terdiri dari 13 film pendek yang dibuat oleh 13 filmaker. berbeda dengan konsep kompilasi. Omnibus memiliki beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi misalkan kesamaan tema dan yang paling utama adalah setiap film yang masuk dalam project ini tidak boleh mengadakan pemutaran sendiri.
Waktu itu kami tidak pernah memikirkan secara detil yang ada dalam pikiran kami waktu itu adalah kebersamaan. Secara umum project ini bisa dikatakan berhasil meski juga amburadul dalam pengelolaannya. Maklum ini adalah project pertama. Tapi yang jelas melalui project ini kami para komunitas independent saling kenal dan akrab. Project ini juga yang mengakrabkan saya dengan Anak-anak Sinema Unair. yang sebelumnya hanya sekedar tahu kini menjadi sangat akrab. Hingga akhirnya saya bertemu dengan Vinka Maharani, Mahasiswa Komunikasi Unair 2006 yang saat itu masih aktif sebagai anggota Sinematografi Unair. Dari sinilah Vinka akhirnya bergabung di GATHOTKACA studio dan mengajak bekerjasama untuk berjualan merchandise Suro Boyo hingga sampai sekarang (2011).
Yang membuat terharu adalah acara pemutaran filmnya. waktu itu kami mengadakan acara pemutaran di MITRA 21 (Gedung bioskop sebelah balai pemuda sekarang sudah ditutup) dan ini adalah moment pertama bagi independent film Surabaya dengan penonton yang membludak. kami memutarnya 2 Hari 3 Malam di setiap Jadwal bioskop Studio 1. Bahkan saking membludaknya kami menambahkan jam pemutaran di hari terakhir.
Kesuksesan Project ini memunculkan keinginan beberapa teman komunitas untuk melanjutkan project CUKS 2. Saya pun mencoba memikirkan lebih detil tentang project Omnibus yang akhirnya saya mendapat kesimpulan bahwa project CUKS tidak sesuai dengan komitmen GATHOTKACA studio yaitu "mendistribusikan film seluas-luasnya terutama melalui program pemutaran". Sebenarnya ini tidak masalah seandainya project CUKS di kelola dengan benar dan baik. Selain itu panjangnya durasi dari keseluruhan film membuat SURABAYA ROMANTASTE tidak mendapat porsi pemutaran di beberapa pemutaran film.
Karena saat itu GATHOTKACA studio hanya menghasilkan 1 film saja. maka hampir bisa dikatakan tahun 2008 saya tidak memiliki film baru sehingga ketika saya mengikuti festival atau undangan pemutaran saya hanya memutar film-film produksi lama.
Saya merasa terbatasi dan akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari CUKS 2. Mungkin beberapa orang berfikir saya egois, tapi yang jelas saya sudah memikirkan matang-matang langkah ini.
Langkah saya ini kemudian di ikuti anggota yang lain. kemudian project ini tersendat sampai sekarang.

-cak ikin-

Maaf dan terimakasih untuk teman-teman Cinta Untuk Kota Surabaya


Submitted by cak_ikin on Thu, 02/24/2011 - 13:58

cak ikin

No comments:

Post a Comment